UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI KELAS X-8 SMAN I PALANGKA RAYA

  • Endah Sarwendah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muhammad Ramli Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan model bermain peran (Role Playing) di kelas X-8 SMAN I Palangka Raya. (2) peningkatan hasil belajar Ekonomi peserta didik dengan menggunakan model bermain peran (Role Playing) di kelas X-8 SMAN I Palangka Raya. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X-8 SMAN I Palangka Raya yang berjumlah 36 orang peserta didik. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar pesera didik kelas X-8 SMAN I Palangka Raya menggunakan model bermain peran (Role Playing) terlihat aktif. Hal ini terlihat dari hasil skor aktivitas belajar ekonomi peserta didik pada siklus I, terdapat 16 peserta didik yang skor ≥ 45 dan pada siklus II, terdapat 32 orang peserta didik yang memperoleh skor ≥ 45. (2) Penggunaan model bermain peran (Role Playing) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada peserta didik kelas X-8 SMAN I Palangka Raya. Pada siklus I dari 36 peserta didik, rata-rata hasil belajar adalah 80,55 dengan persentase 66,6% dan pada siklus II dari 36 orang peserta didik rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 87,5 dengan persentase 91,66%. Terdapat kenaikan sebanyak 25% dari siklus 1 ke siklus II.

Published
2017-05-01