PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI EKONOMI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA KELAS XI IIS SMA NEGERI 2 PALANGKA RAYA

  • Setiawan Redno Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Supardi Supardi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Hasil Belajar, Ekonomi, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas belajar peserta didik pada saat pembelajaran Ekonomi dengan menggunakan Model Jigsaw kelas XI IIS-2 SMA Negeri Palangka Raya. (2) Hasil belajar ekonomi Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada peserta didik kelas XI IIS-2 SMA Negeri 2 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan model Kemmis dan Mac Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS-2 SMA Negeri 2 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 34 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Kualitattif dan Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar peserta didik aktif dengan kategori baik pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw kelas XI IIS-2 SMA Negeri 2 Palangka Raya(2) Ada peningkatan hasil belajar Ekonomi pada peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada tes awal (Pre Test) dari 34 peserta didik yang memperoleh nilai ≥78 mencapai 8,82% (3 peserta didik) dengan nilai rata-rata 55, pada siklus I hasil Post Test yang memperoleh ≥78 mencapai 58,82% (20 orang peserta didik) dengan nilai rata-rata 73,08 dan pada siklus II hasil Post Test yang memperoleh nilai ≥78 mencapai 100% (34 peserta didik) dengan nilai rata-rata 84,71.

Published
2017-05-01