PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI SMAN 3 PALANGKARAYA

  • Endang Sri Suyati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Problem Based Learning, Strategi Pembelajaran Aktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik saat proses pembelajaran Ekonomi menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) Kelas X7 SMAN 3 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2015/2016 2) mengetahui peningkatan hasil belajar Ekonomi setelah mengunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) Kelas X7 SMAN 3 Palangkaraya. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X7 SMAN3 Palangkaraya yang berjumlah 37 orang peserta didik. Metode yang digunakan adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan persentase ketuntasan klasikal. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktifitas belajar peserta didik lebih aktif pada saat proses pembelajaran Ekonomi menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) Kelas X7 SMAN 3 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2015/2016, yang ditunjukkan dengan perolehan skor pengamatan diatas 3, (2) Ada peningkatan hasil belajar Ekonomi menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) Kelas X7 SMAN 3 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini telihat dari data hasil belajar peserta didik, pada siklus I ketuntasan hasil belajar peserta didik yaitu secara klasikalnya yaitu 64,28% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,89%. Adapun standar ketuntasan minimum yang ditentukan sekolah untuk pelajaran Ekonomi yaitu 75.

Published
2017-05-01