KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I PALANGKA RAYA

  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Darwis Manto Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan factor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam kualitas pelayanan publik pada Kantor Imigrasi Kelas I Palangka Raya Kalimantan Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tehnik analisis deskriptif. Kedudukan peneliti dalam penelitian kualitatif, peneliti merupakan perencana, pelaksana pengumpulan data, analisa, penafsiran data, dan pada akhirnya peneliti menjadi pelapor hasil penelitiannya. Berdasarkan dari hasil pembahasan bahwa pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Palangka Raya Kalimantan Tengaha sudah berkualita. Hal ini dapat di lihat dari Tangible (berwujud atau bukti langsung).Reliablity (kehandalan), Assurance (jaminan), yang masih belum berkualitas adalah Responsiveness (ketanggapan) dan Empathy (empati). Berdasarkan dari hasil penelitian ini di harapkan kepada Kantor Imigrasi Kelas I Palangka RayaDiharapkan agar dapat menambah fasilitas toilet ada yang untuk wanita dan pria, memberikan solusi yang terbaik dikarenakan keterbatasannya lahan parker yang ada , dapat menambah nomor antrian agar memudahkan pemohon paspor dalam pengurusan paspor dan tersedianya pusat informasi yang selalu ada pegawainya ditempat (pegawai yang disiplin dan bertanggung jawab) untuk memudahkan para pemohon paspor.

Published
2016-10-01